Selasa, 08 Mei 2012

Pentingnya membangun karakter syariah dalam diri seseorang


Depok, tepatnya pagi jam 8.30 pada tanggal 28 april 2012 BEM fakultas Ekonomi mengadakan seminar yang bertemakan “Sharia Character Building” yang di selenggarakan di Kampus Universitas Gunadarma Depok.
Seminar ini di selenggarakan atas dasar pentingnya membangun karakter diri seseorang yang sesuai dengan syariah.
dengan pembicara:
1.      Toto Sugiharto,Ir.,MSc.,phD (Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma)
2.      Eka B Danu wirana (direktur SDM bank syariah Mandiri)
Dan dimoderatori oleh Ibrahim Aji (direktur majalah Sharing)
Seminar yang di ketuai oleh Mufid Suryani ini berlangsung kurang lebih 4 jam,seminarnya sangat berkesan dan materi-materi yang di sampaikan sangat berguna,apalagi pesan dari seorang Dai cilik yang bernama Anisa,melalui Tausiahnya yang berjudul “Sang Peniru Ulung”,menceritakan seorang anak berumur 6 tahun yang selalu ingin mengikuti apa yang ada didalam alquran.di balik cerita yang di sampaikan ada pula nilai kejujuran.

Toto Sugiharto,Ir.,Msc.,phD mengatakan bahwa karakter itu sangat penting bagi kehidupan,karena selain Ijin dari Tuhan yang maha Esa,karakterlah penentu keberhasilan diri seseorang. SDM syariah khususnya perbankan selayaknya memiliki kualitas (skill,knowledge and attitude) sebagai human capital and professional shari’a bankers yang handal dan siap pakai serta up to date  seperti yang di butuhkan,serta aqidah,shari’a dan ahlaq yang sesuai dengan kebutuhan industri perbankan syariah nasional. Karena bisnis baik di mulai dari moral yang baik pula.

Sedangkan bapak Eka B Danu wirana membahas materi tentang bagaimana cara membangun human capital yang berkarakter syariah. Human Capital adalah pengetahuan dan keahlian yang dimiliki secara individual yang dikontribusikan kepada kepentingan organisasi.syariah sendiri mempunyai makana yaitu,makna sempit (ajaran hukum atau legal formal dari islam),makna terbatas (seluruh ajaran islam),makna universal (seluruh hukum tuhan bagi alam semesta,baik yang bersifat qauliyyah maupun kauniyyah.
 
Begitulah sepenggal materi yang disampaikan oleh kedua pembicara dalam seminar Sharia Character Building di Universitas Gunadarma.AIY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar